Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bengkulu Utara

Produsen Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Bengkulu Utara . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung tsb dikenal sebagai sentra produsen seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah memilih kerja rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, and lainnya namun saat ini sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen hotel, kantor, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan daerah maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia and manca negara. Permintaan kerajinan tembaga meningkat begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan produknya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi website sangat membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yg terbantu ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke tegal. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, and lainnya. Customer juga dapat mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan sangat beragam namun AA Gallery mau berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yg dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yg dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat menerima harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib inovatif and wajib menyesuaikan permintaan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekedar satu saja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari banjarbaru. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan seni logam yg bermutu and sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar