Sabtu, 07 Maret 2020

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Karo

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Karo . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Kampung tsb dikenal sbg sentra produsen seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga di sana mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke berbagai pasar. Skill mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, teko, & lain-lain akan tetapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan ornamen masjid, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dengan naiknya permintaan, baik permintaan daerah atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia & luar negeri. Orderan kerajinan kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh.



Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan amat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yakni beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari daerah lain sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lainnya, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tak sekadar mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan interior hotel namun telah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Tentang desain kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari kediri. Bermodal pengalaman puluhan th menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin mengetahui metode guna memproduksi seni logam yang berkelas & cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar