Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Konawe Kepulauan

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Konawe Kepulauan . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai sentra pengrajin seni ukir tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Banyak family Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam pasar. Skill mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain namun saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan ornamen hotel, rumah, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di NKRI juga luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya yaitu munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan tembaga ke bogor. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke dumai.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka dapat punya desain sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu bervariasi namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentunya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentunya akan ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Problem lainnya, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau permintaan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan interior kantor namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari palopo. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin tahu cara guna membuat seni tembaga yang memiliki kualitas juga sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar