Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Mamuju Tengah

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Mamuju Tengah . Desa Tumang, Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Desa Tumang tsb dikenal sebagai pusat produsen seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar membuat alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, juga lainnya tetapi masa ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior masjid, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jateng, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dg naiknya pesanan, baik pesanan daerah dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak wilayah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dgn munculnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website cukup memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jayapura. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke banten.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki design pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan cukup beragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini yaitu banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil semestinya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), jika pesanan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lain, perajin Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu menginginkan kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diharuskan kreatif juga diharuskan memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery nggak sekedar memperoleh pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekedar satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari makassar. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik untuk membuat kerajinan logam yang berkualitas juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar