Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Bulukumba

Pengrajin Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Bulukumba . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Perkampungan tsb disebut sbg pusat industri kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family di sana mendirikan usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan cuma membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lainnya walau demikian sekarang ini sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan asesoris restoran, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pagaralam. Tak cuma tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke balikpapan.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya design pribadi AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam sangat beragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini yakni banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu akan dikenai biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Problem lain-lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa menerima harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau keinginan masyarakat. Masa ini AA Gallery tidak cuma menerima permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak cuma satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari bali. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham teknik guna membuat kerajinan logam yg berkualitas dan sesuai yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar