Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kota Sukabumi

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kota Sukabumi . Desa Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur . Desa tersebut diketahui sebagai pusat ahli seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Jateng memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, serta sebagainya walau demikian kini sudah bertolak ke kerajinan tembaga untuk keperluan ornamen hotel, kantor, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Republik Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi website maka mau membantu para industri kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi website begitu membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.



Contoh Kerajinan Tembaga yaitu robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa memiliki design pribadi lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu beragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal dikarenakan bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yg dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja auto dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lain-lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga harus kreatif serta harus memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekadar mendapat pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari padang panjang. Bermodalkan pengalaman puluhan th membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti teknik guna membuat kerajinan logam yg berkelas serta cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar