Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Murung Raya

Pengrajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Murung Raya . Desa Tumang, Jateng berada di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tersebut diketahui sbg pusat produsen seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Jateng. Banyak keluarga Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Skill mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, serta lain-lain walau demikian sekarang ini telah beralih ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen masjid, gedung, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jateng, sekarang, mulai bergairah dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta serta luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke semua wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke banjarmasin. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banjarbaru.



Contoh Seni Logam yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa punya desain sendiri kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu beberapa parameter yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat mendapat harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan harus kreatif serta harus menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tidak cuma mendapat permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah tetapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak cuma satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari tangerang selatan. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik untuk memproduksi kerajinan logam yg berkualiti serta cocok yg diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar