Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kota Pematang Siantar

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kota Pematang Siantar . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tsb dikenal sbg sentra produsen kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali-Jateng membangun kerja di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, & sebagainya namun masa ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan eksterior masjid, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita & manca negara. Pesanan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi internet amat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pekalongan. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke lhokseumawe.



Contoh Kerajinan Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan logam sesuai dg seleranya. Mereka dpt mempunyai desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam amat bervariasi namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini adalah banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain-lain, produsen Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan harus inovatif & harus memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak sekadar mendapat permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai desain kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu saja tapi banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari samarinda. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham cara guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualitas & cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar