Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kota Kotamobagu

Ahli Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kota Kotamobagu . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali terletak diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur . Kampung tsb dikenal sebagai sentra pengusaha kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Jateng memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, ceret, juga sebagainya walaupun demikian kini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan dekorasi hotel, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai memberi harapan dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga manca negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke langsa.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat memiliki rancangan sendiri AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan bervariasi walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini yakni lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Problem lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, ahli kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya memperoleh permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun sudah merambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak hanya satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari kotawaringin barat. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu cara untuk menghasilkan seni tembaga yg berkualitas juga cocok yg diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar