Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Natuna

Produsen Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Natuna . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Kampung Tumang tsb dikenal sbg sentra pengrajin kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Jawa Tengah membangun bisnis di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, baskom, dan lain-lain tapi masa ini telah bertolak ke kerajinan kuningan untuk kebutuhan ornamen masjid, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Indonesia dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sibolga. Tdk cuma tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bengkulu.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan cukup bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dapat menerima harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam harus inovatif dan harus menyesuaikan permintaan konsumen. Kini AA Gallery tak cuma menerima permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari jogja. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti cara guna memproduksi kerajinan tembaga yang berkelas dan sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar