Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Pagar Alam

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Pagar Alam . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur . Perkampungan tsb disebut sbg sentra pengusaha seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan kuningan untuk dijual ke bermacam konsumen. Ketrampilan menempa kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menceritakan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lain-lain tapi kini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan ornamen masjid, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai memberi harapan dengan naiknya pesanan, baik pesanan lokal maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan kuningan meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet amat menolong para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pasuruan. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat.



Contoh Seni Kuningan ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yg bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan kuningan amat beragam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapatkan harga yg telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan kreatif dan diwajibkan memantau keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tak sekedar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari surabaya. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni kuningan, AA Gallery semakin tahu teknik untuk menghasilkan seni kuningan yg ber-quality dan sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar