Sabtu, 07 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Subulussalam

Industri Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kota Subulussalam . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra pengusaha kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, alat merebus air, juga sebagainya tapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior cafe, kantor, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang ini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga terus berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi website begitu membantu para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke serang. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surakarta.



Contoh Seni Logam Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Pembeli juga dapat mengorder kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam begitu beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya auto dikenai biaya kirim.

Problem para produsen kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga juga naik. Permasalahan lain, produsen Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena tsb, produsen kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga diharuskan inovatif juga diharuskan memantau keinginan pasar. Kini AA Gallery tidak hanya mendapat permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel namun telah merambah pada projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari sabang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar