Sabtu, 07 Maret 2020

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Gorontalo

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Konsumen Kota Gorontalo . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Perkampungan tsb dikenal sebagai sentra pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Tumang mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Skill mengukir logam didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, dan lainnya walaupun demikian sekarang ini sudah bertolak ke kerajinan logam buat keperluan interior cafe, gedung, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menarik dg naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Indonesia dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya adalah adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka mau menolong para perajin kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi internet sangat menolong para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke pematang siantar. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke surabaya.



Contoh Seni Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat memiliki desain pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan sangat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini adalah beberapa parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya otomatis ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dapat mendapatkan harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga harus inovatif dan harus menyesuaikan selera prospek. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk hanya satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari sukabumi. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni logam yg bermutu dan cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar