Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bantul

Produsen Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Bantul . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berada diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Desa tersebut disebut sbg sentra bisnis kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu family Tumang memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke beragam konsumen. Keahlian menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, serta sebagainya namun sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior restoran, kantor, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di NKRI serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya adalah munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah serta berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tarakan. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.



Contoh Seni Tembaga adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri selanjutnya AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan cukup beragam namun AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini adalah lebih dari satu faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah karena bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt menerima harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga wajib kreatif serta wajib menyesuaikan keinginan prospek. Kini AA Gallery tdk sekedar menerima permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel namun sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang hiasan kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan kuningan dari parepare. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin tahu cara untuk membuat kerajinan tembaga yg memiliki kualitas serta cocok yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar