Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumba Barat Daya

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Pelanggan Kabupaten Sumba Barat Daya . Kampung Tumang, Jateng berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung tersebut dikenal sebagai sentra produsen seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa family di sana mendirikan bisnis rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, serta lain-lain akan tetapi saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior restoran, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, saat ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Negara Tercinta serta manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya merupakan munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke palopo. Tak hanya itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, serta lainnya. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka dapat mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga sangat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini merupakan beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentu harganya jg murah karena bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lain tentu akan ditambah ongkir.

Permasalahan para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain, produsen Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berdoa stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diwajibkan inovatif serta diwajibkan memantau selera konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tetapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari tebing tinggi. Dengan bekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni logam, AA Gallery semakin paham cara guna memproduksi seni logam yang berkualiti serta sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar