Sabtu, 07 Maret 2020

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Pegunungan Arfak

Bisnis Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Pegunungan Arfak . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra pengrajin kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Skill menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, juga lain-lain namun kini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan dekorasi cafe, kantor, juga lainnya.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jateng, masa ini, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Republik Indonesia juga manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan sangat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga manca negara. Teknologi internet menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke mataram. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke kotamobagu.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki design pribadi setelah itu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin banyak yg ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini ialah banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi karena bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari daerah lain sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lainnya, pengrajin Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt memperoleh harga yg sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh karena itu, pebisnis kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga harus kreatif juga harus menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery tidak cuma memperoleh orderan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak cuma satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari palopo. Bermodalkan pengalaman puluhan thn berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu metode guna membuat seni tembaga yg memiliki kualitas juga sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar