Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Tapanuli Selatan

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Tapanuli Selatan . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tsb disebut sbg pusat industri kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa family di sana membangun kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, serta lain-lain namun masa ini sudah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan dekorasi cafe, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dgn naiknya permintaan, baik permintaan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di NKRI serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para perajin kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke seluruh daerah serta banyak negara. Teknologi website amat memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke bandar lampung. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke pematang siantar.



Contoh Seni Tembaga yakni lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki design sendiri AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yakni banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam akan naik. Problem lainnya, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dapat meraih harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam harus inovatif serta harus memantau permintaan prospek. Sekarang AA Gallery tidak sekadar meraih permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris kantor tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan design kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari bengkulu. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk menghasilkan kerajinan logam yg berkualitas serta cocok yg diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar