Sabtu, 07 Maret 2020

Produsen Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Timor Tengah Utara

Produsen Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Timor Tengah Utara . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jateng memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengukir logam didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, wajan, alat merebus air, serta sebagainya akan tetapi sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan interior restoran, kantor, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai menggeliat dgn naiknya orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di NKRI serta manca negara. Pesanan kerajinan logam mengalami penambahan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dg munculnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan logam untuk mengiklankan produknya ke seluruh wilayah serta manca negara. Teknologi internet amat menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pangkal pinang. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt memiliki design pribadi lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan amat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu saja secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lainnya, perajin Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan memantau permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekadar meraih orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tetapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari kutai kartanegara. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah paham metode untuk memproduksi seni kuningan yg ber-quality serta sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun laba sedikit yg penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar