Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Cirebon

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Cirebon . Desa Tumang, Cepogo lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa tersebut diketahui sbg pusat perajin seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, & lainnya tapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen cafe, rumah, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo, baru-baru ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Tercinta & manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yakni adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka akan membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi internet membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke malang.



Contoh Kerajinan Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan kuningan bervariasi tapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah karena bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentunya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lainnya, pebisnis Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam harus kreatif & harus memantau keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior kantor tapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari gorontalo. Dengan modal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk memproduksi seni kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar