Sabtu, 07 Maret 2020

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Batang

Pengusaha Seni Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Batang . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali lokasinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra ahli seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa saudara Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengolah kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, and sebagainya tapi masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris masjid, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari berbagai wilayah di Negara Tercinta and luar negeri. Orderan kerajinan kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka mau memudahkan para ahli kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and manca negara. Teknologi website amat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tebing tinggi. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jakarta.



Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan seleranya. Mereka bisa punya desain sendiri lalu AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam tapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yg dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yg dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain, ahli Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa meraih harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, perajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan inovatif and diharuskan menyesuaikan selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak sekedar meraih orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk keperluan interior hotel namun sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari banten. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna membuat kerajinan kuningan yg berkualiti and sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar