Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Alor

Pengrajin Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Alor . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tsb diketahui sebagai pusat ahli seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family di sana membangun usaha rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill mengukir logam dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, ceret, & lainnya walaupun demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat keperluan eksterior hotel, gedung, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai menggeliat dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di NKRI & manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yakni munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan logam buat menawarkan produknya ke semua wilayah & banyak negara. Teknologi internet amat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke pekalongan. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh.



Contoh Kerajinan Tembaga yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai design pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan amat bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini yakni beberapa faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang dipakai semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya akan dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, pengusaha Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan wajib kreatif & wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekadar meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari pekalongan. Dengan modal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna memproduksi seni kuningan yang berkualitas & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar