Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Gorontalo

Pengrajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Gorontalo . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur itu. Desa tersebut disebut sebagai pusat perajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke bermacam konsumen. Keahlian mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, juga lainnya walaupun demikian sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam buat kebutuhan dekorasi hotel, rumah, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negeri Kita juga manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yaitu adanya teknologi dunia maya. Dg adanya teknologi internet maka akan membantu para industri kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tarakan.



Contoh Seni Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya design sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yaitu banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal karena bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain tentunya auto dikenai biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer dapat memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib inovatif juga wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Masa ini AA Gallery tidak sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel namun telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka kemudian menjadi pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari ambon. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery semakin paham teknik guna memproduksi kerajinan tembaga yang bermutu juga cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar