Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tasikmalaya

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tasikmalaya . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg sentra ahli seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo. Banyak keluarga di sana memilih kerja rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Keahlian mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, serta sebagainya akan tetapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan eksterior restoran, kantor, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan naiknya orderan, baik orderan nasional maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia serta manca negara. Pesanan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka ingin membantu para perajin kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi website sangat membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke padang panjang. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan kuningan ke jogja.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang semestinya akan ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan harus inovatif serta harus menyesuaikan selera masyarakat. Sekarang AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior rumah tapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekedar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya mjd sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari ambon. Bermodal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik guna memproduksi kerajinan logam yg ber-quality serta cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar