Sabtu, 07 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Yahukimo

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Yahukimo . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tsb disebut sebagai sentra produsen kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke beragam pasar. Skill menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lainnya walau demikian saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan dekorasi cafe, gedung, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yakni hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka akan membantu para perajin kerajinan kuningan buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi website sangat membantu para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru. Tak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi walau demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini yakni banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi disebabkan bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Problem lain, produsen Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt mendapatkan harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan memantau selera konsumen. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari baubau. Dengan modal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode untuk membuat kerajinan logam yang bermutu dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar