Sabtu, 07 Maret 2020

Perajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Nduga

Perajin Seni Logam Melayani Prospek Kabupaten Nduga . Desa Tumang, Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb diketahui sebagai pusat ahli seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd khalayak Tumang, Jawa Tengah. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Keahlian menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, panci, teko, & sebagainya walau demikian kini telah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior cafe, kantor, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Negara Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sungaipenuh. Tak sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke malang.



Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen jg dpt memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan tembaga begitu bervariasi walau demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain tentu auto dikenai ongkir.

Kendala para pengrajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Permasalahan lain-lain, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, pebisnis kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan kreatif & diharuskan menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tetapi telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak sekadar satu saja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari sibolga. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi seni tembaga yang berkualiti & cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar