Sabtu, 07 Maret 2020

Pengrajin Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kota Batam

Pengrajin Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kota Batam . Desa Tumang, Jateng berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg terkenal itu. Desa tsb disebut sebagai pusat pengrajin seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu keluarga Cepogo membangun kerja di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa kuningan diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, alat merebus air, and lainnya akan tetapi kini sudah berganti ke kerajinan tembaga buat keperluan asesoris restoran, gedung, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jateng, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita and luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi internet cukup memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg terbantu adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pekanbaru. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke parepare.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini adalah lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi dikarenakan bahan yg dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu otomatis ditambah ongkir.

Permasalahan para pengusaha kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus kreatif and harus memantau selera pasar. Masa ini AA Gallery tdk sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk sekadar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka selanjutnya mjd pusat aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari padang sidempuan. Dengan modal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin paham cara untuk memproduksi seni kuningan yg bermutu and cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar