Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Ahli Seni Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Hulu Sungai Selatan . Desa Tumang, Boyolali lokasinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa tersebut dikenal sebagai pusat perajin kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali. Beberapa keluarga di sana memilih usaha di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, and lain-lain walaupun demikian saat ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris cafe, rumah, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional ataupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di NKRI and manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah and banyak negara. Teknologi website amat membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke mojokerto. Tidak sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke dumai.



Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat mempunyai desain pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan kuningan amat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi sebab bahan yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu auto dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain-lain, pengrajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan inovatif and diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tdk sekadar memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tetapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekadar satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian mjd pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan tembaga dari bali. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin tahu metode guna memproduksi seni kuningan yang berkualitas and sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar