Sabtu, 07 Maret 2020

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe Selatan

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe Selatan . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal . Desa Tumang tsb dikenal sbg sentra ahli seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara di sana memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, & lainnya akan tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan dekorasi masjid, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dengan naiknya permintaan, baik permintaan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di NKRI & luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin membantu para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi website begitu membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke pekalongan. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ambon.



Contoh Seni Logam merupakan lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya design sendiri selanjutnya AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam tembaga begitu bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Antara lain ini merupakan banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi sebab bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapatkan harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam wajib inovatif & wajib menyesuaikan permintaan pasar. Masa ini AA Gallery tak sekedar mendapatkan permintaan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi sudah merambah pd projek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menarik merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tak sekedar satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari jayapura. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin tahu teknik untuk membuat seni kuningan yg berkualitas & sesuai yg diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar