Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Muna

Produsen Seni Ukir Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Muna . Kampung Tumang, Cepogo-Boyolali berada di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut diketahui sebagai pusat pengrajin kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, baskom, dan lainnya walau demikian masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan ornamen cafe, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai bergairah dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di NKRI dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke medan. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai.


Contoh Seni Logam yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dpt mempunyai design sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan tembaga beraneka ragam walau demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yaitu banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal karena bahan yang dipakai jg banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya juga murah karena bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lain tentu auto dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Problem lain, pebisnis Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan menyesuaikan keinginan prospek. Masa ini AA Gallery tak hanya meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tetapi telah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Tentang ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari palopo. Bermodalkan pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang bermutu dan cocok yang diharapkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar