Jumat, 03 Januari 2020

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ogan Komering Ulu

Perajin Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Ogan Komering Ulu . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb dikenal sbg pusat bisnis seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Cepogo-Jawa Tengah memilih usaha di rumah kerajinan logam buat dijual ke beragam konsumen. Keahlian mengolah logam dimiliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, juga lain-lain tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi restoran, kantor, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari beragam wilayah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi internet maka akan membantu para ahli kerajinan logam buat mengenalkan produknya ke semua wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke surakarta. Tak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke madiun.


Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, juga lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat bervariasi tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini adalah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi karena bahan yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), jika orderan dari wilayah lainnya tentunya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen dpt mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib kreatif juga wajib memantau selera prospek. Kini AA Gallery tidak cuma mendapatkan orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor namun telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari tual. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah paham metode guna menghasilkan seni kuningan yang ber-quality juga sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar