Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Banda Aceh

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Banda Aceh . Desa Tumang, Cepogo berada diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yg termahsyur itu. Desa Tumang tsb dikenal sbg sentra ahli kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, juga lain-lain tapi sekarang sudah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan dekorasi cafe, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai bergairah dg naiknya orderan, baik orderan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Indonesia juga manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi website. Dg adanya teknologi website maka ingin membantu para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bali. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke probolinggo.


Contoh Kerajinan Logam adalah robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan logam tembaga begitu bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah lebih dari satu parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu saja harganya jg murah disebabkan bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lain, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dapat mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai produsen kerajinan logam tembaga harus inovatif juga harus memantau selera prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah namun sudah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas juga ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari serang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni logam, AA Gallery semakin mengetahui cara guna memproduksi seni logam yg memiliki kualitas juga sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar