Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Seram Bagian Barat

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Seram Bagian Barat . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng terletak di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat pengusaha seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga Boyolali membangun usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, ceret, juga lainnya walaupun demikian sekarang telah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen cafe, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai memberi harapan dgn meningkatnya pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya merupakan munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan logam untuk menawarkan produknya ke seluruh wilayah juga manca negara. Teknologi internet memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke bali. Tak cuma itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.


Contoh Kerajinan Logam merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam beraneka ragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Problem para pengrajin kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Permasalahan lain, pengrajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam diharuskan kreatif juga diharuskan memantau selera pasar. Saat ini AA Gallery tak cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren merupakan AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak cuma satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas juga ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari salatiga. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk menghasilkan kerajinan tembaga yang berkelas juga sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar