Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Buru

Pengusaha Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Buru . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Kampung tsb disebut sbg sentra produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa family Boyolali-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah logam didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan cuma menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, wajan, baskom, dan lainnya tetapi sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan asesoris masjid, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan nasional maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Negara Kita dan manca negara. Orderan kerajinan tembaga meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi website maka akan menolong para pengrajin kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi website sangat menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yg terbantu yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke gunung sitoli. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bali.


Contoh Seni Logam Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt mempunyai design sendiri setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan sangat beragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yaitu lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis ditambah ongkir.

Kendala para pengusaha kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, pengusaha Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus kreatif dan harus memantau keinginan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery nggak cuma menerima pesanan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris kantor tetapi sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak cuma satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd sentra kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari kotawaringin timur. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti metode guna menghasilkan seni logam yg bermutu dan sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar