Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Luwu Timur

Pengrajin Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Luwu Timur . Kampung Tumang, Cepogo berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb disebut sbg pusat industri seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Cepogo. Beberapa family Boyolali-Jateng membangun kerja rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan menempa logam didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, panci, baskom, serta lain-lain tapi kini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat kebutuhan asesoris masjid, rumah, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Negeri Kita serta luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka mau menolong para ahli kerajinan logam buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke pariaman. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke banjarmasin.


Contoh Kerajinan Kuningan ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Customer jg dapat memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan begitu beraneka ragam tapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini ialah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam jg naik. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam wajib inovatif serta wajib menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk hanya satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari denpasar. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui cara guna membuat kerajinan kuningan yang memiliki kualitas serta sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar