Jumat, 03 Januari 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kota Pangkal Pinang

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Prospek Kota Pangkal Pinang . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Perkampungan Tumang tsb disebut sbg sentra pengrajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada orang Tumang, Boyolali. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, and sebagainya namun kini sudah bertolak ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen restoran, kantor, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai bergairah dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di Republik Indonesia and manca negara. Permintaan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya yaitu hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and manca negara. Teknologi website memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke malang. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke makassar.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan tembaga bermacam-macam namun AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yaitu lebih dari satu faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan semestinya semakin murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya auto ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Problem lain-lain, produsen Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat meraih harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dapat eksis walaupun minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan wajib kreatif and wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Saat ini AA Gallery tidak sekadar meraih orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris hotel tapi sudah bertambah pada produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan hiasan kubah dapat mengikuti kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih orderan kerajinan kuningan dari mataram. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin mengerti teknik guna membuat seni kuningan yang memiliki kualitas and cocok yang diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar