Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Maluku Barat Daya

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Maluku Barat Daya . Desa Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut dikenal sebagai pusat industri kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pd publik Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Tumang mendirikan kerja di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, teko, & lainnya walau demikian kini sudah berganti ke kerajinan kuningan buat keperluan asesoris hotel, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, saat ini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negeri Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan logam semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website memudahkan para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke padang sidempuan. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sukabumi.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam kuningan bervariasi walau demikian AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini ialah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan yang dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu juga murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu akan dikenai ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam jg mahal. Permasalahan lain-lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa menerima harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tsb, produsen kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib kreatif & wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang AA Gallery tidak hanya menerima pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan interior hotel tetapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari tanjung pinang. Dengan modal pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham metode untuk memproduksi kerajinan kuningan yang berkualitas & sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar