Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Pohuwato

Ahli Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Pohuwato . Kampung Tumang, Boyolali terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb disebut sbg pusat produsen seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali. Beberapa saudara Tumang membangun usaha rumahan kerajinan logam untuk dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lainnya akan tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan logam untuk kebutuhan dekorasi restoran, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari banyak daerah di Negeri Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi internet amat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke magelang. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tegal.


Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Konsumen jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa memiliki rancangan sendiri AA Gallery yg memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan logam amat bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Diantaranya sebagai berikut ini yakni banyak variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya sudah sewajarnya secara otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, pengrajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer bisa meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, perajin kerajinan tembaga tetap bermimpi stabilitas ekonomi tetap stabil jadi nggak mengganggu usaha usaha kerajinan kuningan.

Sebagai perajin kerajinan kuningan wajib kreatif dan wajib memantau selera pasar. Kini AA Gallery nggak sekedar meraih permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi rumah tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak sekedar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari lubuklinggau. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti metode guna membuat seni tembaga yg memiliki kualitas dan cocok yg diharapkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar