Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Ngada

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Ngada . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal . Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai sentra pengrajin kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Jateng mendirikan bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke berbagai konsumen. Keahlian menempa kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, alat merebus air, serta lainnya akan tetapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior restoran, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Jateng, saat ini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal atau manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di NKRI serta luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya merupakan hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin menolong para ahli kerajinan kuningan untuk mempromosikan produknya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi website menolong para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yg terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke medan. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ambon.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam kuningan dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini merupakan banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yg dipakai jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah sebab bahan yg dipakai semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), jika pesanan dari daerah lain tentu saja akan dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan kuningan nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jikalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan kuningan diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery nggak sekadar mendapat pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan hotel tetapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yg menyenangkan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu saja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari kotamobagu. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi kerajinan logam yg berkualiti serta cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar