Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Bulungan

Pengrajin Seni Ukir Logam Melayani Pasar Kabupaten Bulungan . Perkampungan Tumang, Jateng terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat perajin seni ukir kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan cuma membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, alat merebus air, dan lain-lain namun sekarang sudah berganti ke kerajinan logam untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jateng, kini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari bermacam daerah di Negara Tercinta dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam bertambah begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke metro. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi kemudian AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan cukup beragam namun AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini yaitu lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya auto ditambah ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Problem lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa meraih harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan tersebut, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus berharap kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga harus inovatif dan harus menyesuaikan keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tak cuma meraih orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan kantor tapi sudah bertambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yaitu AA Gallery meraih kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak cuma satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari banten. Bermodalkan pengalaman puluhan th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik untuk membuat kerajinan kuningan yang berkualitas dan cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar