Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Aceh Jaya

Bisnis Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Aceh Jaya . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb diketahui sbg sentra perajin seni kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara di sana mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, serta lainnya namun sekarang telah beralih ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior cafe, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai bergairah dgn naiknya pesanan, baik pesanan lokal ataupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di NKRI serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para industri kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi website cukup membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sungaipenuh. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palu.


Contoh Seni Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan cukup beragam namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini ialah beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lain, ahli Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai ahli kerajinan logam wajib inovatif serta wajib memantau selera masyarakat. Sekarang AA Gallery tidak cuma memperoleh pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior kantor tapi telah bertambah pada proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak cuma satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari payakumbuh. Berbekal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham cara untuk membuat kerajinan kuningan yang ber-quality serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar