Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe Utara

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Konawe Utara . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan tsb dikenal sbg sentra pengusaha kerajinan kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah menyatu pada publik Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Boyolali-Jateng membangun bisnis rumahan kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, juga lain-lain walau demikian masa ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan ornamen masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional atau luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di Indonesia juga luar negeri. Orderan kerajinan kuningan bertambah signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah juga berbagai negara. Teknologi internet cukup menolong para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke mojokerto. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jayapura.


Contoh Seni Logam Tembaga yakni robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan cukup beragam walau demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah sebab bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan semestinya semakin murah), untuk pesanan dari wilayah lainnya semestinya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dpt memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer dpt mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh sebab tsb, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif juga diwajibkan memantau keinginan konsumen. Saat ini AA Gallery nggak sekadar mendapatkan pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior rumah tetapi sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai design kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan nggak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari banjarmasin. Dengan modal pengalaman puluhan th menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality juga cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar