Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Gresik

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Gresik . Kampung Tumang, Cepogo berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Kampung tsb disebut sbg pusat industri kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dengan cuma memproduksi alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, dan sebagainya namun sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan asesoris hotel, gedung, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, akhir-akhir ini, mulai bergairah dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan terus berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya ialah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet sangat menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt menawarkan produk kerajinan kuningan ke palembang. Nggak cuma tersebut saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang.


Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam sangat beraneka ragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Antara lain ini ialah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya tentu secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lainnya, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen dpt mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam diharuskan kreatif dan diharuskan memantau keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tdk cuma mendapatkan pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tetapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan tembaga dari tebing tinggi. Berbekal pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti cara untuk memproduksi kerajinan logam yang memiliki kualitas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar