Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Luwu Timur

Produsen Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Luwu Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb dikenal sebagai pusat produsen seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu family Cepogo membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya membuat alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, ceret, juga lainnya tapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan dekorasi cafe, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali, sekarang, mulai bergairah dg naiknya permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di NKRI juga manca negara. Orderan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka ingin membantu para produsen kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah juga banyak negara. Teknologi internet membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yg tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bali. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke salatiga.


Contoh Seni Logam Kuningan yaitu robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dg seleranya. Mereka bisa memiliki design sendiri lalu AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yaitu lebih dari satu variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yg dipakai jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang sudah sewajarnya otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lain, pebisnis Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan bisa meraih harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan permintaan prospek. Saat ini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel tapi sudah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tidak hanya satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari pangkal pinang. Dengan bekal pengalaman puluhan thn memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk membuat seni logam yg berkualiti juga sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar