Jumat, 03 Januari 2020

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kepulauan Mentawai

Produsen Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kepulauan Mentawai . Perkampungan Tumang, Jateng terletak di antara kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut disebut sebagai pusat ahli seni tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo memilih kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai konsumen. Keahlian mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, and sebagainya tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat kebutuhan interior cafe, gedung, and lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Jateng, saat ini, mulai bergairah dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Negeri Kita and manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yaitu munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah and berbagai negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ternate. Nggak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke tegal.


Contoh Kerajinan Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, and lainnya. Konsumen jg dpt memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam amat bermacam-macam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yaitu lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari wilayah lainnya tentu saja auto dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam akan mahal. Problem lain-lain, pengusaha Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga tetap bermimpi kondisi ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam wajib inovatif and wajib memantau selera pasar. Masa ini AA Gallery tak hanya mendapatkan orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah tapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Tentang desain kubah dpt menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari blitar. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti metode untuk menghasilkan seni logam yang ber-quality and cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar