Jumat, 03 Januari 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Enrekang

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Enrekang . Desa Tumang, Cepogo berlokasi di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yang termahsyur . Desa tsb disebut sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Cepogo. Banyak saudara Boyolali-Jawa Tengah mendirikan kerja di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa tembaga didapatkan secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, dan lainnya namun kini sudah berganti ke kerajinan kuningan buat keperluan interior hotel, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang ini, mulai menggeliat dg meningkatnya orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di NKRI dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan tembaga buat menawarkan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke sibolga.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Customer jg dapat memesan kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan begitu beragam namun AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentunya harganya jg murah disebabkan bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang tentunya otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Permasalahan lainnya, industri Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel namun sudah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai design kubah dapat menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari sukabumi. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah mengerti cara guna membuat kerajinan tembaga yang ber-quality dan sesuai yang diharapkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar