Jumat, 03 Januari 2020

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Maluku Tenggara

Industri Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Maluku Tenggara . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Desa tsb diketahui sbg pusat pengusaha seni ukir kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, dan lainnya akan tetapi kini telah berganti ke kerajinan kuningan buat keperluan eksterior cafe, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dg naiknya orderan, baik orderan daerah dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita dan manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya ialah munculnya teknologi website. Dg munculnya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang terbantu ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke solok. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke madiun.


Contoh Kerajinan Logam ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan jg dapat mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini ialah banyak parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal disebabkan bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin kecil tentu saja harganya jg murah disebabkan bahan yang dipakai jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin tidak sulit, harga jg semakin murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lainnya tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para industri kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lainnya, industri Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat mendapatkan harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tidak hanya mendapatkan orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan eksterior rumah tapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak hanya satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari samarinda. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara guna memproduksi kerajinan kuningan yang berkualitas dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar