Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Karawang

Ahli Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Karawang . Desa Tumang, Jawa Tengah posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal itu. Desa tersebut disebut sebagai pusat produsen seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Jawa Tengah. Beberapa keluarga Jateng memilih kerja rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke beragam pasar. Skill mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Banyak yg bercerita bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, juga lain-lain namun sekarang telah beralih ke kerajinan logam buat keperluan interior masjid, gedung, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, kini, mulai memberi harapan dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan daerah dan juga internasional. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga bertambah begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan kuningan buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah juga berbagai negara. Teknologi internet memudahkan para perajin kerajinan kuningan. Salah satu perajin kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jogja. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke palembang.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg keinginannya. Mereka bisa punya design pribadi kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mgkn saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam kuningan bermacam-macam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini ialah lebih dari satu faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan yg dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini semestinya harganya jg murah sebab bahan yg dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lainnya semestinya secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain, pebisnis Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt menerima harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu bermimpi kondisi ekonomi selalu stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan wajib inovatif juga wajib menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya menerima orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel tetapi telah bertambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tidak hanya satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari kediri. Dengan modal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yg memiliki kualitas juga cocok yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar