Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kampar

Industri Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kampar . Kampung Tumang, Boyolali posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal itu. Kampung Tumang tersebut diketahui sbg pusat industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Cepogo-Boyolali membangun bisnis di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir logam diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, juga lainnya akan tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan ornamen restoran, rumah, juga lain.





Kerajinan ukir tembaga juga kuningan di desa Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai bergairah dengan naiknya orderan, baik orderan daerah ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Tercinta juga manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami penambahan sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya yaitu hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi website maka ingin membantu para industri kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website sangat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg tertolong yaitu AA Gallery. Kini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke gorontalo. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke depok.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yaitu kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, juga lain-lain. Konsumen jg dpt mengorder kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai design sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini yaitu beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg digunakan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yg digunakan juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain, perajin Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama konsumen dpt memperoleh harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengrajin kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif juga diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery nggak sekadar memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi kantor tapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti keinginan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menarik yaitu AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk membuat juga memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari tidore kepulauan. Dengan bekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk membuat kerajinan logam yg berkualiti juga sesuai yg diharapkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar