Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Luwu Utara

Ahli Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Luwu Utara . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berlokasi diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal itu. Desa tersebut disebut sebagai pusat pengrajin seni ukir kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Jateng memilih kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke berbagai pasar. Skill mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, dan lain-lain tetapi masa ini sudah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan interior restoran, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan meningkatnya orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh tak terelakan. Banyak orderan datang dari berbagai wilayah di Republik Indonesia dan luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi cyber. Dg adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para industri kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong yakni AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke kotawaringin barat. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke madiun.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen jg dpt memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Berikut ini ini yakni beberapa faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi sebab bahan yang dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentunya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentunya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain tentunya akan dikenai ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Permasalahan lainnya, perajin Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dpt mendapatkan harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai perajin kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan memantau selera konsumen. Sekarang AA Gallery tidak sekadar mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior hotel tetapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari pariaman. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham cara untuk membuat kerajinan kuningan yang memiliki kualitas dan cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar