Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Magelang

Ahli Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Magelang . Desa Tumang, Jateng berlokasi diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal . Desa Tumang tersebut dikenal sebagai pusat industri kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pada publik Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo memilih bisnis rumahan kerajinan kuningan untuk dijual ke berbagai pasar. Keahlian menempa kuningan didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yg menjelaskan bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lain-lain walaupun demikian sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk kebutuhan ornamen masjid, gedung, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, kini, mulai menarik dg naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga meningkat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya ialah munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka mau memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan banyak negara. Teknologi website amat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke metro. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan.


Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn saja banyak yg menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam kuningan amat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini ialah banyak variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan baku yg digunakan jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya otomatis ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain, perajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa meraih harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh karena tsb, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga wajib inovatif dan wajib menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk sekadar meraih permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tdk sekadar satu sahaja melainkan cukup banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari bengkulu. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya seni logam, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna menghasilkan seni logam yg berkualiti dan cocok yg diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar